Rabu, 07 April 2010

Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM)

Teman – teman semua, kemajuan teknologi yang semakin meningkat, membuat manusia lebih membutuhkan computer sebagai alat bantu penyelesaian masalah. Nah, karena tuntutan pekerjaan yang semakin banyak, membuat manusia terus menerus melakukan eksperimen yeng berguna untuk mempercepat proses pekerjaan agar cepat selesai. Nah, perangkat yang sangat menentukan sebuah computer untuk bekerja lebih cepat adalah memory.

Selama ini pengertian kita tentang memory cenderung salah, karena dianggap hanya sebagai tempat penyimpanan data dalam computer. Sebenarnya memory berguna untuk proses aukxillary atau kecepatan dalam komputer untuk beroperasi. Salah satunya adalah RAM ( Random Akses Memory ). RAM adalah adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Namun, untuk proses kecepatan dalam pengoprasian, RAM tidaklah cukup, harus ada yang membantunya bekerja untuk memuaskan kebutuhan manusia akan kecepatan pengoperasian computer. Maka dari itu,seorang fisikawan termasyur dari Jerman, mengembangkan sebuah memory baru, yang diberi nama MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory ).

MRAM bukan hanya lebih cepat daripada RAM, tetapi lebih hemat energy, serta meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalikkan arah kutub utara dan selatan pada medan magnet. MRAM akan memutar electron – electron untuk mengganti fungsi dari kutub magnet. Proses ini lebih dikenal dengan istilah spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM ). Proses ini dibuat dengan membuat pilar – pilar kecil berukuran 165 nano meter, yang akan mengekibatkan adanya lapisan magnet pada lapisan atas serta arus listrik mengalir dari bawah ke atas, hal tersebut membuat posisi electron berubah. Kemudian kutub utara dan selatan akan berubah tempat.

Hal ini membuat IBM tergiur untuk mencobanya, karena MRAM ini memiliki kecepatan 10 kali lipat dari RAM biasa

Gimana? Menarik banget kan teman-teman…Met mencoba yah ^^

Sumber : www.shirogadget.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar