Sabtu, 10 April 2010

Hubungan TI dengan Ilmu Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi ( SIA ) adalah Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. Maka dari itu, peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting. Karena kompleksitasnya hal tersebut, diciptakanlah sebuah software yang dapat membantu sebuah perusahaan untuk menangani hal tersebut, sehingga bersifat lebih cepat dan rinci. Salah satu software yang dikenal untuk menangani masalah akuntansi adalah MYOB.

MYOB merupakan suatu software terpadu ( itegrated software ), yang diperuntukkan bagi perusahaan kecil dan menengah, untuk mengatasi masalah akuntansi. Hal – hal yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan menggunakan MYOB yaitu :
1.Memiliki berbagai macam tools yang dapat langsung digunakan sesuai kebutuhan, sehingga proses pengerjaannya menjadi lebih mudah dan cepat.
2.MYOB memiliki tingkat keamanan data yang cukup baik.
3.MYOB dapat mengeksplorasi semua laporan ke Ms.Excel, tanpa memindahkan file terlebih dahulu.
4.MYOB dapat diaplikasikan kepada 105 perusahaan yang telah direkomendasikan.
5. MYOB menampilkan laporan analisa keuangan dalam bentuk grafis.

Berikut ini contoh program akuntansi :

Ada beberapa sistem informasi akuntansi yang sudah dikembangkan oleh berbagaiperusahaan. Ada yang mengembangkan secara umum, ada yang mengembangkan berdasarkan kasus per kasus dalam suatu organisasi. Contoh sistem informasiakuntansi yang dikembangkan secara umum adalah: Dec Easy Accounting(DEA) dan MYOB. Sedangkan contoh sistem informasi akuntansi yang dikembangkan berdasarkan kasus dalam organisasi adalah Surya Artha yang dibuat oleh CV. Surya Cipta Solusi Informatika. Pada makalah ini akan ditunjukkan lebih rinci mengenai Surya Artha.

Surya Artha dikembangkan untuk perusahaan dagang. Sistem ini menangani pemrosesan data antara lain: data rekening, data supplier, data pelanggan, data barang/stok, transaksi pembelian tunai dan kredit, transaksi retur pembelian, ransaksi penerimaan dan pembayaran utang yang bukan dari pembelian, transaksi penjualan tunai dan kredit, transaksi retur penjualan, transaksi penerimaan dan pembayaran piutang yang bukan dari penjualan, transaksi jurnal umum, transaksi penyesuaian saldo awal dan tutup buku, laporan-laporan transaksi, laporan-laporan keuangan.

Maka dari itu, gunakanlah MYOB untuk menyelesaikan program akuntansi anda…selamat mencoba ^^

Sumber : http://lilyta-felly.blogspot.com/2009/05/pengertian-myob.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar