Minggu, 15 November 2009

Online Media Now

Mengenal Facebook


Lebih dari seratus juta warga dunia kini keranjingan dengan jaringan social di dunia maya, Facebook.com. Lewat situs ini pengguna dapat memperluas pertemanan lintas benua, bahkan kembali “bertemu” dengan kawan – kawan atau pacar lama yang tidak terlihat lagi seusai perpisahan sekolah. Bahkan Presiden AS Barack Husein Obama memanfaatkan situs ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan dukungan dalam pemilihan Presiden AS tahun lalu. Inilah buah karya Mark Elliot Zuckerberg, seorang keturunan Yahudi AS, salah satu dari 3 pendiri facebook.


Mengapa facebook melejit ?


Pakar teknologi informasi, Dr Linda M Gallant, asisten Profesor dari Emerson College, Boston memberi penjelasan bahwa situs internet umumnya menyajikan informasi dan para penjelajahnya hanya menerima apa adanya. Sekarang para penjelajah ini ingin berpartisipasi sebagai pengisi situs, dan facebook memenuhi hasrat tersebut


Mengapa facebook mengejar My space, situs jaringan social terbesar pertama di dunia sebelum April 2008 ?


Keadaan bahkan sudah berubah, facebook tidak lagi nomor 2 sebagaimana ditulis di situs Techcrunch. Situs Mashable ( The Social Media Guide ) menyatakan bahwa selain facebook lebih enak dilihat daripada dijelajahi serta menawarkan hal – hal yang lebih riil. Contohnya, facebook menawarkan orang lain yang kira – kira anda kenal untuk di-add. My Space juga menyodori anda beberapa teman, tetapi termasuk menyodori orang – orang dari negeri antah berantah menjadi teman.


Siapa Zuckerberg ?


Dia adalah pemuda berusia 25 tahun dan masih single, perancang teknologi informasi sekaligus pemuda yang berjiwa wiraswasta. Saat belajar di Harvard University pada tahun 2004, dia menciptakan facebook bersama kawannya, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Hughes kemudian direkrut Obama saat masih menjadi calon presiden untuk membuat situs barackobama.com. Di facebook, Zuckerberg bertanggung jawab untuk urusan garis kebijakan umum dan penyusunan strategi perusahaan yang kini menjadi rebutan para pemasang iklan dan para investor.

Zuckerberg telah mendapat julukan sebagai “salah satu orang yang paling berpengaruh pada tahun 2008” versi majalah Time. Pada Forum Ekonomi Davos 2009, Zuckerberg termasuk dalam daftar pemimpin muda karena prestasi dan komitmen terhadap masyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan dunia baru.

Pemuda itu tampil dalam sesi “Pengalaman Digital Mendatang” pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Peserta lain yang hadir antara lain Chad Hurley (YouTube), Craig mundie (Microsoft), Shananu Narayen (Adobe), Hamid Akhvan (T-Mobile), dan Eric Clemmons (Wharton).


Berikut merupakan data diri Zuckerberg :


Nama : Mark Elliot Zuckerberg

Lahir : 14 Mei 1984

Status : Belum menikah. Bertumbuh di Dobbs Ferry, new York

Ayah dan Ibu : Edward dan Caren Zuckerberg (dokter gigi)

Pendidikan : - SMA di Phillips Exeter Academy, New Hampshire

- Universitas Harvard, Cambridge (“drop-out”)

Penghargaan : Young Global Leaders, 2009

Jabatan : CEO Facebook

Pengalaman : - Suka mengutak – atik teknologi informasi sejak SMA, dan pernah membuat pemutar musik, synapse, yang melacak selera konsumen soal musik.

- Microsoft dan AOL pernah mencoba merekrut, tetapi memutuskan kuliah di Harvard University


Mengenal Friendster


Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia. Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis masa di Asia.

Friendster biasa digunakan untuk mencari teman dan mempublikasikan profil pribadi, serta melengkapinya dengan foto. Friendster tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi bahkan di seluruh dunia. Dengan menu Pencarian pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut hobinya. Apabila telah melihat profil seorang anggota Friendster, pengguna dapat menambahkannya ke dalam daftar teman. Dengan mengklik Tambahkan sebagai Teman. Hanya saja untuk itu harus mengetahui alamat e-mail atau nama lengkapnya, setelah itu tinggal menunggu persetujuan darinya. Pengguna juga bisa saling mengirimkan pesan kepada anggota anggota Friendster lain melalui fitur Kirim Pesan. Selain itu, juga dapat menambahkan testimoni kepada teman. Testimoni dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar. Testimoni yang telah diterima akan ditampilkan pada bagian bawah profil yang bersangkutan. Jika ingin menambahkan sebuah testimoni, anda cukup mengelik ikon Tambah Komentar pada profil.

Friendster memilih salah satu dari profil paling nge-top di Friendster, untuk saat ini pemegangnya adalah John Paul Castro dari Filipina. Ia memegang gelar sebagai "Top Pick Profile of the Year". Pada tahun lalu, gelar ini disandang oleh Hasheem Thabeet dari India. Setelah Friendster redup beberapa tahun belakangan karena munculnya situs jejaring yang baru yaitu Facebook, Friendster siap merebut kembali pasaran dengan dimunculkannya fitur terbaru seperti instant message yang diberi nama Friendster IM yang masih berupa versi Alpha. Instant message ini sudah digunakan dalam situs Facebook dan dilihat dari rencana pengembanganya Friendster IM ini akan ditambah beberapa fitur tambahan, antara lain emoticon dan file transfer.



Dampak Negatif dan Positif Penggunaan Media Online Bagi Masyarakat


Dampak Negatif:


– Kecanduan

– Lupa waktu

– Bisa terperangkap dalam kejahatan internet

– Berkurangnya perhatian terhadap keluarga

– Tergantikanya kehidupan sosial

– Tersebarnya data penting yang tidak semestinya

– Pornografi

– Pemanfaatan untuk kegiatan negatif


Dampak Positif:


– Memperluas wawasan

– Memperbanyak teman

– Sebagai sarana berkomunikasi

– Mempererat pertemanan dengan teman satu sekolah, atau teman kuliah

– Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat

– Sebagai ajang diskusi mengenai berbagai macam hal

– Sebagai sarana promosi

– Sebagai media dua arah antara masyarakat dan media massa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar